top of page
Search
  • Media Sari

Nostalgia Era Tempo Dulu di Spiegel, Semarang


Mengunjungi Semarang kurang lengkap rasanya tanpa bertandang ke Kota Lama. Daerah yang disebut Little Nedherland ini sekarang mulai berbenah diri dan beberapa bangunannya mengalami banyak pemugaran. Salah satunya adalah gedung Spiegel yang letaknya tak jauh dari Gereja Blenduk.


Seketika aku terpesona melihat kemegahan gedung yang telah berusia 120 tahun tersebut. Seingatku bangunan yang berdiri sejak 1895 ini dulunya tak terawat, kusam and a little bit spooky. Namun setelah renovasi besar-besaran, bangunan yang tadinya merupakan gudang ini beralih fungsi menjadi restoran mewah bernama Spiegel Bar & Bistro.


Menginjakkan kaki ke dalam restoran berkonsep heritage ini, membuatku seakan kembali ke masa lalu. Di sebelah kiri terdapat dinding batu bata yang dibiarkan 'polos' dengan 3 lengkungan yang mencuri perhatian. Di tengah ruangan terdapat bar station yang menyajikan berbagai macam jenis minuman seperti kopi, teh dan minuman beralkohol.


Pengunjung tampak memenuhi meja-meja marmer berbentuk bulat berhias bunga segar di botol kaca. Aku bersyukur masih bisa merebahkan bokong di atas kursi kayu. Banyak pengunjung yang harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Saking ramainya aku sempat susah memanggil pelayan untuk memesan makanan.


Meski di luar panas terik, tapi di dalam restoran ini hawa terasa sejuk dengan ambience hangat yang dipancarkan oleh lampu bohlam yang bergelantungan. Apalagi aku memesan gelato dengan citarasa Cream & Almond Brittle bercampur Vietnamese Coffee. Es krim khas Italia ini dibandrol dengan harga 25 ribu untuk ukuran kecil, 40 ribu untuk ukuran medium, serta 5 ribu untuk ukuran cone.


Tak hanya minuman, Spiegel Bar & Bistro juga menyediakan beragam jenis hidangan yang dibandrol mulai dari 20 ribu-130 ribu rupiah. Dilansir dari tribunnews.com sajian ini merupakan kreasi makanan dari berbagai negara seperti Cuba, Spanyol, Jepang, dan China. Beberapa menu favorit yang patut dicoba adalah Grilled Cuban Baby Corn, Patata A La Brava, Chiken Prawn Dumplings, atau Tempura Oyster.


Bagaikan seorang remaja yang beranjak dewasa. Kecantikan gedung Spiegel telah membius hati banyak orang. Tak heran restoran yang beralamat di jalan Letjend Suprapto No 34 ini sangat populer di kalangan wisatawan. Terutama pengunjung yang ingin bernostalgia dengan nuansa tempo dulu. Gimana, kamu tertarik mengunjunginya?

bottom of page